Rabu, 31 Juli 2013

Ilmuwan China ciptakan gigi dari air seni!

 Ilmuwan China ciptakan gigi dari air seni!
Inovasi di bidang kesehatan terus bermunculan. Kali ini, ilmuwan asal China berhasil menciptakan gigi dari urin. Mereka menggunakan sel induk yang berasal dari urin untuk membuat gigi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal regenerasi sel.

Peneliti dari Guangzhou Institute of Biomedicine and Health, di China mengambil sel dari urin untuk menciptakan sel induk yang bisa menjadi sel baru. Kemudian sel itu dipanen di laboratorium. Setelah terkumpul, sel tadi dibentuk menjadi sel induk.

Seperti dilansir Nydailynews (30/7), para ilmuwan menanamkan sel tersebut pada tikus. Tiga minggu kemudian, sel ini menyerupai struktur gigi yang mengandung komponen enamel, dentin dan pulpa. Namun gigi tersebut kerasnya hanya 1/3 dari gigi alami. Artinya tidak sekeras gigi normal.

Penelitian ini bisa digunakan untuk studi lebih lanjut mengenai regenerasi gigi atau kehilangan gigi karena usia dan kesehatan yang buruk.

Di sisi lain, ilmuwan Stem Cell dari Universitas London, Chris Mason mengatakan penciptaan gigi palsu dari urin jauh dari kenyataan. "Urin adalah sumber yang buruk," katanya kepada BBC.

Dia menambahkan ada sangat sedikit sel dalam urin dan efisiensi mengubahnya menjadi sel induk sangat rendah. "Anda hanya tidak akan melakukannya dengan cara ini," ungkap Mason.

Apakah Anda berminat menggunakan gigi dari urin ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar