Rabu, 15 Mei 2013

Riau Gelar Parade Tari Daerah 2013

Pekanbaru, (antarariau.com) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Riau menggelar Parade Tari Daerah 2013 yang akan diikuti 12 daerah kabupaten dan kota.

"Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan untuk meningkatkan pembinaan kesenian khususnya seni tari di Provinsi Riau," kata Wakil Gubernur Riau Mambang Mit di Pekanbaru.

Parade Tari Daerah yang diikuti oleh 12 grup tari utusan kabupaten dan kota se Provinsi Riau ini dimulai sejak Sabtu Malam (11/5) dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau Mambang Mit.

Mambang mengatakan, dirinya mengapresiasi kegiatan kesenian tersebut karena akan memunculkan kreativitas seniman Riau dalam menciptakan seni tari yang akan menambah dan memperkaya khasanah  tarian  yang  ada di seluruh daerah-daerah di Riau.

"Mencintai seni tari juga sebagai ungkapan cinta kepada budaya daerah sekaligus bentuk upaya  menghargai dan melesatrikan kesenian dan kebudayaan bangsa dan daerah kita," katanya.

Apalagi di tengah era globalisasi dimana budaya menurut Mambang diklaim oleh negara lain sebagai kesenian atau kebudayaanya maka kegiata parade seni tari ini merupakan  salah satu usaha memperkenalkan secara luas serta mempertahan dan melesatrikan budaya bangsa dan daerah Riau.

"Saya juga mengajak generasi muda Riau untuk melesatrikan budaya dan kesenian yang dimiliki masyarakat di daerah-daerah di Riau agar tidak punah dan akan menjadi salah satu warisan untuk anak cucu kelak," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Riau, Said Syarifudin, mengatakan, kegiatan itu merupakan kalender tahunan Pemprov Riau, karena melalui seni tari dapat  dijadikan alat promosi daerah dan akan menunjukkan jati diri peradaban masyarakat daerah Riau.

Selain itu sasaran kegiatan menurutnya untuk membina kesenian daerah Riau khususnya seni tari sehingga  akan mendorong perkembangan kesenian daerah Riau sekaligus untuk memberikan kesempatan kepada kawula muda sehingga dapat menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda kepada kesenian daerah Riau.

Dalam acara ini, selain memperebutkan piala bergilir, pemenang Parade Tari Daerah Riau juga akan menerima sejumlah dana dari Pemerintah Provinsi Riau untuk pembinaan kesenian tari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar