Senin, 27 Mei 2013

Persiapan penting sebelum masuk kuliah


Masa kuliah adalah ketika anak mulai masuk ke fase menuju kedewasaan. Orang tua pun perlu memastikan kalau berbagai persiapan penting sebelum masuk kuliah seperti yang dilansir dariGalTime ini sudah dilakukan anak.
Fokus pada nilai akademisTujuan seseorang menuntut ilmu adalah untuk menambah pengetahuan. Namun sebaiknya orang tua juga perlu memastikan anaknya memiliki nilai akademis yang baik ketika SMA. Sebab nilai tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pendaftaran ke universitas yang diinginkan.
Mengetahui bakat dan minatMeskipun nilai akademis sudah tergolong bagus, anak juga perlu diarahkan untuk mengikuti klub tertentu sesuai dengan bakat dan minat mereka. Sebab kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah juga memberi peran penting dalam pendidikan sosial anak.
Target lulusBanyak kasus anak kuliah yang terlalu asyik berorganisasi akhirnya terlambat lulus. Hal ini patut dijadikan pertimbangan khusus bagi orang tua. Pastikan anak mampu lulus tepat waktu dan kegiatan organisasi tidak mengganggu aktivitas akademis di dalam kelas.
Mencari beasiswaSehubungan dengan menjaga nilai akademis, dari situ sebenarnya anak akan punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Orang tua bisa membantu mencarikan beasiswa yang tepat untuk anak. Sehingga biaya untuk kuliah akan terasa lebih ringan.
Berlatih soalUjian masuk kuliah atau yang disebut dengan SNMPTN memang cukup sulit. Oleh sebab itu, persiapan terakhir dan yang paling penting adalah anak sebaiknya mulai berlatih soal-soal. Sama seperti hal lain, semakin sering berlatih, maka semakin sempurna anak menguasai soal-soal untuk ujian masuk kuliah.
Itulah persiapan penting sebelum masuk kuliah untuk anak yang perlu diperhatikan orang tua. Punya saran lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar